Tik Tok van Depok

Sangat menarik sekali artikel tentang Tik Tok van Depok yang dimuat pada tabloid Peluang Usaha edisi ke 6 2008. Artikel tersebut membahas tentang perjuangan dan kreativitas Santoso Djaluwarno dalam menyiasati kondisi yang ada dan merubahnya menjadi peluang.

Bertahun-tahun bekerja keras tanpa mengindahkan kesehatan membuat Santoso Djaluwarno menurun. Serangan jantung dan kelebihan kolestorel yang dialaminya membuat dokternya menyarankan dia untuk berhenti bekerja. Sebagai pengganti aktivitas, lelaki lulusan Arsitektur Universitas Indonesia tahun 1976 itu memilih beternak.

Dia memilih beternak bebek, karena menurut dokter, kandungan kolesterol pada daging bebek sangat kecil sehingga cocok sebagai obat alami untuk penyakitnya. Pada awalnya bebek yang ia ternakkan adalah jenis Ceripeli (asal Inggris) yang indukannya dia dapatkan di pasar Depok – Jawa Barat dengan harga 80 ribu rupiah per ekor.

Berawal dari rasa keingintahuannya, Santoso mencoba untuk menyilangkan berbagai jenis bebek. Salah satunya adalah hasil silangannya yang terbaik yaitu bebek jenis Santos (merupakan kependekan namanya sendiri) yang merupakan silangan antara bebek betina Ceripeli dengan pejantan Mojosari.

Tidak sampai disitu, ternyata pada tahun 2001 dia juga mencoba untuk menyilangkan varian baru yaitu Tik Tok, hasil persilangan antara itik dan entok.

Bebek jenis Tik Tok ini ternyata sangat cocok untuk dikonsumsi, dagingnya empuk, kolesterol rendah dan tidak menimbulkan bau amis seperti pada daging bebek kebanyakan.

Pada tahun 2006 dia memberanikan diri untuk membuka sebuah rumah makan yang mengolah bebek Tik Tok menjadi aneka makanan lezat.

Animo masyarakat terhadap kehadiran bebek Tik Tok ini ternyata cukup luar biasa. Itu dilihat dari konsumsi rumah makan yang dikelola Santoso yang dalam sebulan membutuhkan Tik Tok sebanyak 1500 ekor, tidak dapat dipenuhi oleh ternakan dia sendiri. Oleh karena itu dia menerapkan sistem kelompok dengan merekrut tetangga sekitar untuk memenuhi jumlah produksi bebek Tik Tok.

Kepada setiap kelompok Santoso menjual hasil tetasan bebek Tik Tok umur 4 hari dengan harga 7500 per ekor yang nantinya setelah berumur 2.5 bulan akan dia beli lagi dengan harga 15 ribu per kg. Sistem kelompok memungkinkan suplai bebek Tik Tok tetap terjaga, selain itu dia bisa lebih berkonsentrasi mengelola rumah makannya. Selain itu dia juga bisa berbagi rejeki dengan tetangga di sekitarnya.

Untuk memperkenalkan Tik Tok kepada masyarakat luas, Santoso sering mengikuti berbagai pameran dan perlombaan. Salah satunya pameran Agrinex di Jakarta Convention Center, Senayan pada tahun 2002, dan lomba makanan olahan bebek tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2002 dimana dia mendapatkan juara I.

Saat ini dia sudah memiliki 3 gerai. Ketiganya di daerah Depok Jawa Barat.

Komentar penulis

Sangat salut terhadap Santoso karena ternyata dia bisa mengubah penghalang (penyakit yang dideritanya) menjadi peluang bisnis yang luar biasa. Selain itu dia juga merangkul kelompok-kelompok untuk menjaga suplainya sehingga bisa dibilang dia tidak hanya “berjualan dan beternak bebek” tetapi menciptakan sistem bisnisnya sendiri, termasuk menjaga mata rantai suplai dan pemasarannya.

Salut

29 Responses to “Tik Tok van Depok”

  1. agustinus Says:

    Ada baiknya diinformasikan juga cara beternak Tiktok yang baik sehingga usaha tersebut juga dapat memberi informasi dan inspirasi bagi banyak orang. Terimakasih

  2. ministrans Says:

    Terimakasih masukannya pak Agustinus,
    Memang seharusnya artikel ini bisa lebih detail lagi.
    Saran tersebut akan penulis realisasikan bila ada kesempatan berkunjung ke sana.

  3. cicacica Says:

    aku bisa minta no.contact pak santoso,ga? atau no. contact restonya yang di jalan margonda dan yang di kukusan? terima kasih.

  4. bebekbalap Says:

    Santoso
    Telepon: 0813.1079.2633
    Alamat: Jalan K.H. M. Usman Nomor 81 A
    Beji, Depok, Jawa Barat

  5. Putri Says:

    Pak, Saya membaca tulisan ini bener-bener salut sama Bapak. Peluangnya besar sekali. Pak, kalau saya ingin membantu membuka usaha bebek tiktok ini ada persyaratannya? Ata jawabannya terima kasih ya Pak.

  6. ministrans Says:

    To Bebekbalap

    Thks atas infonya,

    To Putri

    Thks for the visit. Sebagian besar informasi pada artikel ini diambil dari artikel yang di muat pada Tabloid Peluang Usaha Edisi 6 Tahun 2008. Untuk persyaratan dan lain sebagainya bisa dicek diartikel tersebut. Garis besar perhitungan usahanya pun juga ada disitu.

    Thks

  7. bebekbalap Says:

    @ministrans

    np bos saya cuma lg belajar jg soalnya trus saya sampe kesini deh , alamat beliau saya browsing di :
    http://www.liputan6.com/caberawit/?id=162606 , saya belum pernah kesana jg ,kalo mo perternak satu lagi Pak linus simanjutak buku di atas rt 02/rw06 bedahan , sawangan depok 16519 telpon 0812-9799-57 telpon 62 (251) 615-217 fax 62 (21) 725-6018

    dia pembuat buku berternak tiktok jg, artikel buku berternak tiktok beliau bisa di lihat di
    http://books.google.co.id/books?id=Mxxg_sGVov0C&printsec=frontcover

    semoga membantu buat yang mo ternak tiktok

    regards

  8. ministrans Says:

    iya.. thks bro for the info.. soalnya, saya juga baru sampai cari2 artikel .. dan belum sampai ke perhitungan usaha.. dan informasi alamat2 ini sangat membantu sekali untuk ke depannya.

    Sukses selalu bro..

  9. mahasiswa rantau Says:

    selamat malam, mohon izin pakde?
    saya baru saja makan tik-tok pa’de santoso.
    saya lupa nanya sama mbak prita, nama2 bebek yg saya makan td namanya siapa aja?
    betul2 enaa………..aak tenaaa…an?
    pokoknya sii….p, cocok?
    kapan2 saya ksna lagi, tapi dikasih harga wong solo aja ya pa!
    sukses selalu pa?

    balez,

  10. dhenik Says:

    pak, saya ingin sekali berwirausaha, tapi dana saya terbatas. saya hobi sekali beternak karena sejak kecil sudah diperkenalkan dgn ternak ayam. dan pastinya berbeda dgn ternak tiktok. kira kira modal nya sampe berapa pak? terima kasih

  11. ministrans Says:

    @ Mahasiswa Rantau

    Waduh mas, sy takut mas salah alamat nih… sy bukan pak Santoso, sy hanya salah satu pengagum pak Santoso karena keuletannya jadi contoh buat saya.. kalo mau menghub pak Santoso bisa diliat di commentnya mas bebekbalap (diatas)

    @ dhenik

    Saya belum pernah beternak ayam secara profesional, jadi saya tidak tahu persis berapa modal yang diperlukan, yang saya tahu di daerah gunung Sindur Bogor banyak sekali rumah-rumah ternak yang menternakkan ribuan ayam pedaging untuk mensuplai kebutuhan Jakarta dan sekitarnya. Mungkin kalau mas sempat kesana bisa langsung bertanya kepada peternaknya, lagipula khan mas sudah hobi, itu sudah awal yang baik sekali, pasti dengan modal berapapun mas bisa mulai. Pehobi biasanya tangannya lebih dingin dari pada yang bukan pehobi khan..
    Semoga sukses pak..

  12. emin Says:

    wah
    mas
    pengen banget tuh…
    dimana yagh bisa dapat tuh bebek tik tok
    lokasi saya di makassar
    thankz b4

  13. henry Says:

    buat admin… salut buat anda..karena anda telah membangkitkan semangat para wirausahawan2 indonesia. termasuk saya, saya tertarik untuk terjun di ternak bebek tik tok ini, saat ini saya sedang mempelajari seluk beluk ternak tik tok ini. thx atas info2nya itu sangat membantu.

  14. agan Says:

    salluuut….
    waduh….hebat pisan pa santoso, saya juga mau coba ah…baru tau yang namanya tik-tok…kalo di saya namanya tongki.
    pa santoso bagi2 ilmunya atuh…
    di kuningan belum ada yang garap serius.
    oiya pa santoso jual DOT nya gak?
    berapa harganya pak?
    nanti saya ingin belajar langsung ke depok ah…
    sekarang beresin kuliah dulu…
    jadi semangat buat wirausaha nih…

  15. Hendra Azhar Says:

    Wah kelihatannya saya ketinggalan informasi mengenai ternak tiktok ini padahal saya tinggal di Depok. Okelah singkatnya saya ingin mengunjungi peternakan bebek tiktok ini disamping saya mau belajar ternak juga saya ada niat ingin keluar dari pekerjaan saya & beralih ke usaha ternak tiktok ini. Trim’s & salut buat pak santoso.

  16. gede sudana Says:

    pak saya sngt tertarik dg bisnis tiktok bapak, berhubung saya skrng sedang kena PHK, saya mohon bapak bisa berkenan memberikan alamat bapak dengan jelas, saya ingin bisnis seperti bisnis bapak. tim mhn blsnya. salam hormat Gede sudana. email : dekdana_67@yahoo.co.id

  17. wieke j a Says:

    alamat lengkap produksi bebek tik tok dimana ya? tertarik saya mencobanya. terima kasih

  18. Herman Says:

    Pak saya sangat tertarik dengan cara kerjasama ,dengan cara pembesaran karena saya tidak lagi memikirkan cara menjualnya ,rumah saya didaerah citayam desa sasak panjang,.apakah bpk juga menjual pakan bebek pedaging

  19. Herman Says:

    pak mau tanya ,kalau saya membeli umpan bebek pedaging yg ada ditoko yg siap pakai (makan ) tampa ada campuran lagi , apak masih ada kelebihan nya untuk si pembesaran, kalau boleh bedasarkan pengalaman yg sudah dijalankan kira kira berapa persen pak dengan hasil jual 90% bebek yg hidup

  20. zainal Says:

    bibit tik tok bisa diantar sampai tempat tidak ya?

  21. akad Says:

    pak kl di daerah saya gresik.dimana tempat pembibitan tiktok?

  22. kaspul Says:

    salut n jempol 4 admin,membangkit kita u bs berwirausaha n tdk tergantung pd pekerjaan yg terikat

  23. ui Says:

    Saya ada tiktok hasil ternak sendiri.. cakung-jakarta timur minat hub 081399850915

  24. Muhammad Djafar Says:

    Pak Santoso, saya tinggal di Bekasi Selatan , Kebetulan saya adalah Ketua FBKM Kota Bekasi dan saya tetarik dengan Petrnakan Bebek TIKTOK, mungkin anda bisa bantu saya , memberikan solusi dalam rangka Pengentasan Kemiskinan Kota Bekasi.,Saya tunggu kabarnya di Email saya : lbh_djafar@yahoo.com

  25. Muhammad Djafar Says:

    Pak Santoso, Dikota Bekasi Jumlah Penduduknya 2,3 Juta Jiwa ,dan orangnya rata2 sibuk urusan Kantor pergi Subuh Pulang Malam. Jadi Peluang utk buka Usaha Makanan Bebek Tiktok ( Kadar Lemak rendah), Mohon petunjuk Bapak , baik Ternak maupun Warung Bebek Tiktok

  26. agoes sts Says:

    keren gan boleh nih kpn2 mampir di gerai nya , klu boleh tau alamat gerainya sekalian peternakanya , sy jg dr depok boleh infonya kirim ke email saya gan

  27. agoes sts Says:

    sip gan kpn2 ane mampir ke gerainya , dmna alamat gerai dan peternakanya please kirim ke email saya gan

  28. agoes sts Says:

    kpn 2 mampir ke gerai nya tpi alamatnya dmna gan ? , sekalian al peternakanya ya

  29. Main suharyadi Says:

    sy sangat berminat ttg tiktok dan ingin belajar, sy hub no pa Santoso, ga bisa, kemana sy cari informasi ttg tiktok di depok, tks


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

